NavBar

Wednesday, May 13, 2015

Terima kasih Tuhan, Terima Kasih BRI

Eitsss...!! jangan nyinyir, jangan nyengir dulu.
Begini ceritanya...
Judul diambil dari kejadian ane hari ini persis. Tentang Tuhan, ane yakin betul bahwa setiap kejadian adalah ujian. Sedangkan, setiap ujian yang diterima tidaklah lebih dari yang mampu kita pangku (kata pak Ustadz ane dulu-era 90an).
Tentang BRI - Bank Rakyat Indonesia, karena memang TKP nya disitu. ehehe...


Siang kemaren, ane ada praktikum pembuatan minyak sulfatasi (kalo gak tahu, gak usah dipikir). Beberapa alat ane pake buat prosesnya. Langsung aja ke permasalahan, yaitu masalah yang pertama! CORONG PISAH. Ada apa? Bagian ujung corong pecah, patah, putus, broken, praakkk!!! kesenggol pinggiran keramik pas ane lagi nyuci tuh alat (pemberitahuan lagi, kalo gak tahu gak usah dipikir, he-). Banyak mata yang melihat. Beberapa pasang mata yang memancarkan aura syok. Ane? ane sok calm aje. Padahal, dag-dig-dug nya gak nahan.
Sedikit pengetahuan, masalah memecahkan alat labolaturium sih bukan pertama kali buat ane. Pertama tuh pas jaman baheula (read: lampau) ane pernah mecahin tabung gelas, pas diganti paling cuma 15 ribuan. Kedua, termometer. Harga naik dikit sekitar 30 ribuan. Nah, yang ketiga ini! bendanya segeda apa coba? kalau yang pertama dan kedua bisa lah beli dari duit saku. Paling cuma ngurangin porsi makan. Yang ketiga ini nih! ulaaa...laaaa!!!
Gak berapa lama, ane misahin diri. Tanya ke temen ane buat browsing. "Harganya sekitar 150-200an cuk!", bacotnya sambil kembang kempis (ngikut kebawa suasana). Wadalaahhh.... ini nih! bayar kos juga belom. huhuuu.... (nangis ceritanya). Bak gayung bersambut, seseorang membisikkan ane "Eh, tenang aja, tar bakal ditanggung kas 100rb". Dada ane sumringah. Oh my God! bener-bener teman yang baik hati! Tapi... tunggu dulu! dipikir2 uas kas juga lagi dibutuhin buat fotocopy ini itu! alamaak..
Gak banyak ngebacot lagi, ane langsung masukin tuh broken corong, trus ane gulung pake jas, lalu masukin tas. Ceritanya ane sudah di atas motor, lagi OTW ke toko spesialis alat lab di sekitar UGM. (SOPnya sih... harusnya ane ngelapor asisten lab, trus nulis data ane, barang yang ane rusakin, blaa..blaa..blaa.. tapi.. no! terlalu ribet! lagian udah banyak nama ane disono! oaaaa!!)
Berhubung otak lagi sadar, ane pastiin duit yang ada di dompet cuma 7,6 dollar! (kurs 13.000rb) itung sendiri.
Cling!! ane sudah di TKP nomer dua (satu-nya di lab) Bank Rakyat Indonesia. Bank yang biasa disingkat dengan BRI ini benar-benar mantap dah. Dengan aura kegugupan, ane masuk saja ke sebuah ruangan, dimana berdiri beberapa mesin yang tinggi.
"Mas... helm nya dicopot yaa...". suara ramah terlontar dari pria berseragam putih.
ane cuma melempar senyum manis (lebih manis dari gula) sambil ngikutin maunya si bapak. Selanjutnya, ane keluarin kartu sakti dari dompet, disodorin ke mesin, ketik pasword yang munculnya cuma tanda bintang ******. Saat itu..... nunggu duitnya nongol kayak nonton iklan sinetron. Lamanya sampe bisa bikin ane jatuh cinta sama tuh mesin. Cling!! tuh duit keluar juga. Ane langsung tancap lagi ke TKP tujuan.
******
TOKO ALAT LAB UGM. Nama tokonya sih bukan itu ya, cuma ane lupa apa. Yang jelas, ane biasa beli di situ, langganan disitu, nganterin teman kesitu pas jadi korban perusakan alat lab.
"Ibu, ada corong pisah tidak?", tanya ane ke penjualnye.
"corong pisah yang mana ya?"
"aduuhh.. corong pisah, atau botol pisah," ane mulai panik " botol pisah kali bu, ada?"
"yang mana mas?"
"itu loh, yang gendut,"
"mana ya mas?"
ane gregetan. kunyah-kunyah liur dah. "Oh, kayak ini bu...", bales ane sambil nyodorin tuh benda yang ane rusak.
"ooh.. itu corong pisah mas..."
"berapa harganya bu?"
"mahal mas.. 750an"
OMG!!! pas itu ane bener2 pengin teriak, komplain sama MBAH GOOGLEEE!!! ente tau kan? beliau bilang harganya kisaran 150-200 sih.
Ane mulai pasang muka memelas "mahal ya bu..."
"mas mahasiswa ya?" >> cakep soalnya :v
"iya buu..."
TING!! TING!! si botol ane sodorin. "Oh, ini bisa ditambal mas. paling 150rb"
"yes!"

******
Hari kedua.
TKP: Perpustakaan
Mengunjungi perpustakaan bagi ane wajib. Sangat wajib. Yap, saking wajibnya, ane sudah punya jadwal spesial sendiri buat berkunjung ke perpustakaan. Pertama, pas ane ada tugas, trus pinjem buku di perpus. Kedua, pas balikin tuh buku. WAJIB.
Nah, ceritanya hampir persis kayak di sinetron di tipi-tipi gitu deh. Pas ane mau taroh KTM (bisa buat pinjem buku) - paska balikin buku, ane lihat ada yang aneh di dompet. Mengganjal gitu. Ibaratnya kayak kita main di pantai, trus mainan pasir, lalu pasirnya nyelip di belahan pantat. aneh banget kan rasanya?
kamera tiba-tiba di zooom ke muka ane. syok! Entahlah. Ane yakin Tuhan sudah membuat skenario yang cantik ini. Di samping ane, cewe, putri namanya, langsung ane sikat "Puttt!!! tolongin ane. anter ane ke ATM yuuk!! plisss", pinta gue sambil pasang muka panik. Tapi aneh, si putri bahkan cengengesan diatas penderitaan ane! (waktu itu)
Dari perpus ke TKP berdarah! Bank BRI.
si putri masih cengengesan dengerin cerita ane sepanjang jalan. "Eh, lu tau gak put? di ATM ane itu uang emak ane. Jumlahnya nggak cuma sejuta dua juta. tapii.... dolarsss! (ane gak maksud sombong. Emak ane pas itu baru transper dapet arisan kabarnya). si putri masih ngakak.
"Loh, kan tinggal bayar 10rb beres? bisa bikin ATM lagi.", bilangnya.
ane tarik napas, "Masalahnya, ATM ane masih di dalem mesin ATM nya tau!"
"apaaahhh???"
***
cling!
ane sudah di depan pos satpam. Disono, kagak ada satpamnye. Yang ada cuma sebiji pak Polisi dan petugas apalah-apalah. Tarik muka sedikit ke kanan, pak satpam ternyata lagi ngatur mobil. Nggak pake lama ane lari, ngadep.
"Pak, maaf. Kemarin ada ATM tidak? ATM saya ketinggalan pak di dalam mesin", ane sedikit kikuk.
pak satpam, yang kemarin berbaju putih itu menjelaskan dengan rinci, ramah, dan gamblang.
"Mas kemarin pas ambil uang ditekan nominalnya atau yang sudah tertera?"
"oh, ditekan pak,"
"kemungknan kalau ditekan bisa diambil orang. tapi kalau sudah yang tertera sih biasanya kartunya dihancurkan,"
WHATTT??!!
"terus gimana dong pak?"
****
Ane lari ke dalam. curhat doonggg....
diawali dengan pembukaan pintu, lalu suara sapaan ramah "selamat pagi.."
selanjutnya, ane ambil antrian, lalu ngadep bagian informasi. (berhubung suasananya resmi, ane ceritakan dengan EYD)
"selamat pagi mas, ada yang bisa kami bantu?", kata mbak ayu, nan cantik.
"begini mbak. ATM saya tertelan,"
"Oh, nanti secara otomatis dihancurkan oleh mesin ATM mas.."
"tapi masalahnya itu kemarin mbak. Saya mengambil uang, tapi lupa saya ambil kartunya. Nah, kalo habis ambil, biasanya kan tertera tulisan: Apakah anda ingin melanjutkan transaksi ini? Ya atau Tidak. Nah, mbak, kalau ada yang nekan 'Ya' gimana mbak??"
"oh, itu ya mas. nanti bakal ada permintaan pasword baru mas.."
"masa sih mbak? iya po? baru tahu saya..."

Di akhir kisah, saya bisa tersenyum lega, bersyukur...
Kisah yang sedikit tidak jelas juntrungannya.
tapi sungguh berkesan.







1 comment:

Z said...

permisi sebelumnya, saya masih pemula untuk membuat blog,
saya mau tanya..
mas gmna caranya nulis di menu atau submenu? tp bukan link ya, kalau link saya tau. contohnya di blog punya mas ada menu Home. nah kan pas di klik langsung ke halaman tuliasan blog agan. Tks