NavBar

Monday, May 11, 2015

Cereta Pendek Anak "Hadiah Ulang Tahun Terindah"

Aku tak sabar lagi untuk sampai di rumah. Aku ingin sekali melihat persiapan yang mama buat untuk hari ulang tahunku besok. Mungkin sudah membuat kue, ataupun hiasan kamar untukku. Aku benar-benar ingin melihatnya!
“Mamah....”, seruku sambil memasuki rumah. Tak ada jawaban satupun yang hadir menyambutku. “Mah....”, seruku lagi sambil menyelusuri tiap ruangan. Dapur, kamar mandi, taman, kemudian di kamar mama dan papa. Tetapi ternyata kamar mereka  terkunci rapat. Tak menemukan mama, aku segera berlari ke raung tengah. Di sana ada kakek.
“Kek.. lihat mama tidak?”
Sepertinya kakek tak mendengarku, hingga memaksaku untuk menghampirinya. “Kek, lihat mama tidak?”, tanyaku lagi. Kakek hanya melengos pasrah, lalu sambil menunjuk ke arah luar jendela, ia berkata, “Mama kamu tadi keluar sama adikmu, Clara,”
“Keluar? kemana kek?”, tanyaku penasaran. Kakek hanya menggelengkan kepala tak tahu. “Lagi membeli kue ulang tahun Dina ya kek?”, tebakku girang. Masih menatap layar televisi, kakek hanya mengangkat bahu. Sepertinya ia benar-benar tidak tahu kemana mama pergi. Ah, mungkin dugaanku benar, pikirku. Kemudian tanpa bertanya lagi, aku mencium tangan kakek lalu segera berlalu menuju kamar. Kamarku mungkin sudah berhiaskan balon, pikirku.
Sesampai di kamar, aku tak menemukan perubahan satupun. Tidak ada balon, ataupun riasan istimewa. Ah, mungkin nanti, pikirku lagi tak berburuk sangka. Lalu aku segera mengganti pakaian dan merebahkan diri di atas kasur. Hari itu aku merasakan lelah yang luar biasa. Demi melihat kejutan yang biasa mama berikan di hari ulang tahunku, aku rela berlari ke rumah sejak pulang sekolah. Karena, aku pikir semua kelelahan itu akan hilang begitu aku melihat kejutan untuk ulang tahunku yang ke sebelas.
*****
“Kak, bangun...!”, jemari mungil kurasakan menggoyang-goyangkan badanku. Mataku terasa berat untuk kubuka. “Kak... sudah sore,”, ucapnya lagi. Lalu kupaksakan diri untuk membuka mata, dan menatap jam yang menempel di dinding kamarku.
“Hah?!! sudah sore!”. Aku terkejut. Jam empat sore. Aku segera berlarian keluar kamar, tanpa menghiraukan perempuan yang membangunkanku. “Pah...”, ucapku lantang ke seluruh ruangan rumah. Tapi sepertinya papa tidak ada. Biasanya pulang dari kantor jam empat tepat. Apalagi di hari ulang tahunku besok, pasti papa akan memberikan kado yang istimewa buatku.
“Kak.. papa belum pulang,”,kata seorang perempuan yang telah membangunkanku. Clara, sejak dari kamar, selalu saja mengikutiku. Kata teman-temanku, wajahnya mirip denganku. Hanya berbeda ukuran tubuh yang tentunya aku lebih besar darinya.
“Terus, mama di mana?”, tanyaku padanya.
“Mama di dapur, lagi membuat kue,”
Segera setelah mendengar ucapan Clara, aku langsung menuju ke dapur. “Mama... ternyata mamah masih ingat ulang tahunku,”, seruku sambil menghampiri mama dan langsung memeluknya dari belakang.
“Dina, untung saja kuenya tidak jatuh,”, ucap mama sambil memindahkan kue ulang tahun buatannya di atas meja makan.
“Mah, pasti mama membeli baju ulang tahun buat Clara, kan?,”, aku menerka.
Sambil menghiasi kue ulang tahun di hadapannya, mama menjawab, “Baju ulang tahun kamu yang kemarin kan masih baru? juga masih muat kan?”,
“Iya sih mah, tapi kan ini kan ulang tahun Dina yang baru juga? seharusnya baju Ulang tahun Dina baru juga dong,”, kataku membela diri.
Mendengar ucapanku, mama langsung berhenti menghiasi kuenya sesaat. Lalu badannya merendah, hingga wajahnya tepat dihadapan wajahku. Polesan lipstik di bibirnya terlihat mengembang karena senyumnya. “Dina, anak mama yang cantik dan pintar, baju tidak perlu yang baru. Yang terpenting adalah Dina bersyukur dengan usia Dina yang bertambah. Dan alangkah bagusnya lagi jika uang itu digunakan untuk membantu orang lain,”, kata mama menasehatiku.
“Dina kecewa sama mama...”, ucapku langsung berlari menuju kamar meninggalkan mama sendiri. Harapanku mendapatkan baju baru telah kandas. Kalau seperti itu, lebih baik tidak ada perayaan sekalian, kataku dalam hati. Masak aku harus memakai baju yang sama seperti tahun lalu?
*****                                                                                                                                    
“Dina... Selamat Ulang Tahun sayang,”, suara papa membangunkanku. Aku langsung memeluk papa erat. Aku berharap papa bisa membelikanku baju baru.
“Papa beli baju baru buat Dina tidak?”, tanyaku besemangat.
Bulu kumisnya melebar saat senyumnya mengembang. “Tidak sayang,”, jawab papa sambil memelukku.
Sepertinya ulang tahunku ini benar-benar ulang tahun yang menyedihkan. Papa, mama, semuanya kompak tidak membelikanku baju baru. Mendengar jawaban papa, aku kecewa dan langsung merebahkan diri ke kasur kembali, lalu menutup badanku dengan selimut.
“Dina, sudah siang. Memangnya Dina tidak mau merayakan ulang tahun?”, bujuk papa.
“Pokoknya Dina tidak mau keluar kamar lagi. Dina tidak mau ada perayaan Ulang tahun. Semuanya percuma kalau baju Dina sama seperti kemarin.”
“Dina tidak mau kejutan dari papa?”
“Kejutan apa?”, tanyaku penasaran sambil mengintip papa dari balik selimut.
“Nanti kalau papa kasih tahu, namanya bukan kejutan dong?”, kata papa merayuku.
Aku sungguh dibuat penasaran oleh papa, hingga aku menuruti semua perkataannya. Memakai baju ulang tahun yang sama seperti tahun lalu. Mungkin kejutan itu baju baruku, pikirku menebak-nebak.
Beberapa saat kemudian semuanya telah siap. Aku menarik nafas dalam, lalu membuka pintu kamar sedikit-sedikit. Dengan gaun lamaku, aku bersiap menyambut teman-teman yang sudah menanti kedatanganku.
“Dina, ayo cepat turun..!”, teriakan papa mempercepat langkahku menuruni tangga.
Sesampai di ruang tamu, semuanya terasa sunyi. Tak ada orang lain selain mama, papa, Clara dan kakek yang berdiri di sana.
“Pah, mah, kok sepi sekali? dimana mereka? teman-teman Dina?”, tanyaku bingung.
Mama menghampiriku segera, lalu berkata, “Dina, kali ini papa dan mama tidak merayakan ulang tahunmu di sini, tetapi di tempat yang lebih indah lagi,”.
Aku ingin berlari masuk ke kamar dan berteriak, tetapi pelukan mama menghalangiku. Aku benar-benar kecewa. Sudah tidak dibelikan baju baru, ditambah perayaan ulang tahun yang kali ini entah dimana. Mataku serasa mau pecah saat itu.
“Sayang... masih ingat janji papa?”, kata papah sambil menghampiriku.
Aku hanya mengangguk pelan, sesekali kurasakan ada sesuatu yang mencekik leherku, membuatku tak mampu berbicara. Tetapi papa dan mama terus membujukku hingga aku dibuat luluh.
*****
“Pah, mah.. kok ke sini?”, tanyaku heran saat papa menghentikan mobilnya tepat di depan sebuah papan yang terpampang jelas, “PANTI ASUHAN SUMBER KASIH”.
Mama dan papa tidak menjawab pertanyaanku. Kemudian pertanyaan sama juga aku lontarkan untuk Dina dan kakek, tetapi mereka hanya bisa mengangkat bahu tak tahu.
“Pah, mah, tidak salah tempat kah? Dina tidak mungkin merayakan ulang tahun di sini kan?”
“Nanti kamu tahu sendiri,”, jawab papa melempar senyum.
Ulang tahunku kali ini benar-benar berbeda. Ya, berbeda menjadi sangat menyedihkan. Apalagi kalau perayaannya di panti asuhan, kataku dalam hati.
Mama menghampiriku yang -berdiri mematung- tak mau mengikuti mereka masuk ke dalam panti asuhan. “Dina, mukanya jangan cemberut begitu dong. Nanti cantiknya hilang loh,”, hibur mama sambil memegang pipiku. “masih mau tahu kan, kejutan dari papa?”, lanjut mama sambil melirik ke arah papa yang ternyata sudah membawa kue ulang tahunku. Papa membalas dengan senyuman, lalu berlalu mendekati pintu masuk panti.
Mendengar ucapan mama, aku tersenyum paksa. “Nah, begitu dong, kan kelihatan cantik..”,puji mama. Kemudian dengan menggenggam tangan mama, aku menyusul papa, Dina dan kakek yang ternyata sudah disambut oleh penjaga Panti.
Sesaat ketika sampai di bibir pintu, aku melihat puluhan pasang mata penghuni panti menyambutku dengan nyanyian yang diiringi dengan suara tepukan.
Selamat Ulang tahun Dina...
Selamat Ulang tahun Winda...
Selamat Ulang tahun semuanya..
 “Mah...”, ucapku setengah bingung. Ulang tahunku benar-benar di rayakan di panti ini, kataku dalam hati. inikah kejutan dari papa?.
Belum sempat menjawab kegundahanku, tiba-tiba seorang perempuan menyodorkan tangannya padaku. “Hai Dina, selamat ulang tahun yah,”, ucapnya kemudian.
Aku segera berlalu dari perempuan itu tanpa membalas jabatan tangannya. Lalu segera aku menghadap mama. “Mah...”
Mama hanya tersenyum merapatkan gigi. Dengan matanya, mama menyuruhku utnuk segera membalas jabatan perempuan itu. Lalu, dengan senyuman datar, aku mengikuti kata mama.
“Dina, kesini yuks,”, ajak papa yang ternyata sudah meletakkan kue ulang tahunku di atas meja.
Aku dan mama lantas menghampiri papa. Terlihat, anak-anak panti melihatku penuh dengan antusias. Mereka mengenakan baju biasa, bukan baju pesta ulang tahun. Bahkan, baju bermainku sepertinya masih lebih bagus dari baju mereka, pikirku. Sedangkan di atas meja, kue ulang tahun buatan mama berdiri kokoh, dan terlihat sangat indah serta nikmat dengan taburan cokelat dan berhiaskan patung lilin cantik. Tepat di sampingnya, aku juga melihat kue sedang, yang ukurannya lebih kecil dari kue ulang tahunku dan hanya berhiaskan lilin putih.
Selamat Ulang tahun Dina...
Selamat Ulang tahun Winda...
Selamat Ulang tahun semuanya..
Anak-anak panti tampak riang menyanyikannya kembali. Tetapi, aku merasakan ada yang aneh dengan lagu itu. “Winda? siapa dia?”, tanyaku dalam hati.
“Selamat Ulang tahun Dina,”, dengan senyuman, seorang perempuan yang pernah mengucapkan selamat itu melakukan lagi.
“Itu Winda, salah satu anak panti di sini.  Kebetulan saja, tanggal lahir kalian sama,”, bisik mama segera saat melihatku terdiam heran melihat tingkah perempuan itu.
Winda? Perempuan di hadapanku itu berpakaian sama seperti anak-anak panti yang lainnya. Tidak memakai baju Ulang tahun. Rambutnya pun hanya diurai seadanya. Tetapi ia terlihat sangat bahagia di hari ulang tahunnya itu. Berbeda denganku, yang masih enggan merayakan ulang tahunku saat ini.
“Baju Clara bagus sekali,”, puji Winda sesaat setelah tanganku membalas jabatan tangannya. Entah kenapa, aku merasa tidak pernah bersyukur selama ini. Baju ulang tahun yang sebenarnya aku enggan untuk memakainya, bahkan dipuji oleh Winda.
tiup lilinnya...tiup lilinnya
tiup lilinnya sekarang juga... sekarang juga
Anak-anak panti melanjutkan nyanyian dan memerintahkan kami untuk segera meniup lilin. Kali ini aku sedikit berbahagia. Aku menjenjangkan kaki agar bisa meniup lilin di atas kue ulang tahunku yang lebih tinggi. Sedangkan di sampingku, Winda. ia sedang menunduk bersiap meniup lilin di atas kue ulang tahunnya yang kecil itu. Dengan senyumannya, aku melihat kebahagiaan benar-benar ada dalam dirinya.
Selesai acara, tiba-tiba papa menyodorkan sebuah kado. Inikah kejutan papa?, pikirku sambil membukanya segera. Aku terkejut ketika yang kulihat adalah baju ulang tahun yang cantik. “Papa... terima kasih,”, ucapku langsung memeluk papa.
“Dina, ini buat kamu,”. Winda menghampiriku sambil menyodorkan rajutan kain. Tanpa berpikir ulang, aku segera melebarkan kain itu, yang ternyata sarung bantal cantik bertuliskan DINA. “Ini buatanku loh,”, lanjut Winda lagi. Sesaat mendengar ucapannya, aku merasa senang. Sebuah hadiah spesial di hari ulang tahunku.
“Terima kasih Winda..”, balasku sambil memeluknya.
Aku harus memberikan sesuatu untuk Winda, Pikirku. Tapi, tak ada satu kadopun yang aku persiapkan, karena kupikir aku lah yang mendapatkannya, karena memang ini acara ulang tahunku. Tetapi bagaimanapun juga, Winda juga memiliki tanggal lahir yang sama denganku. Lalu aku menatap hadiah dari papa. Setelah itu, kupandang papa. Papa mengangguk sepertinya sudah membaca isi pikiranku.
“Ini buat kamu..”, kataku sambil menyodorkan baju ulang tahunku dari papa.
“Kamu yakin?”, tanya Winda ragu. Dia terlihat sangat bahagia menerima hadiah dariku. Aku mengangguk yakin, lalu segera memeluknya lagi. Aku sudah senang dengan baju ulang tahun yang kupakai sekarang. Dan aku belajar banyak hal dari Winda. Walaupun tanpa baju ulang tahun, kue yang besar, juga perayaan yang sederhana, tetapi dia tetap terlihat  bersyukur dan bahagia.

oleh Tarmudi
cerita pendek anak 3 -sayembara puskurbuk

No comments: